Minggu, 02 Januari 2011

Mengembangkan Potensi Anak by Nurzannah

Dalam mengembangkan potensi anak-anak, saya menggunakan 3 cara yakni observe, exploration, dan develop (OED). Sejak anak saya lahir saya senantiasa mengamati apa saja kemampuan yang mereka munculkan, ini biasanya saya catat dalam buku perkembangan mereka, setelah itu saya menggali kemampuan-kemampuan mereka dengan jalan menstimulasi agar yang masih tersembunyi dapat dimunculkan juga, selanjutnya kemampuan-kemampuan yang sudah muncul tersebut saya kembangkan lagi sehingga dapat berkembang menjadi optimal. Anak pertama saya kayyisa (5 th) memiliki potensi di bidang bahasa, dengan sering saya ajak bernyanyi, bercerita, dan berbicara (3B) dengannya sejak dia di dalam kandungan. saya mendapati dia memiliki kemampuan yang luar biasa melebihi anak seusianya, dia bisa membaca Qur’an dan Koran pada saat usianya baru 3 tahun. Dia juga pintar bernyanyi, menggambar, dan mengarang serta menuliskan ceritanya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar